Kamis, 04 Juli 2013

Tugas 2 : Menganalisa situs ecommerce (bhinneka.com)





Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan penganalisisan pada sebuah situs jual beli online (e-commerce) pada situ bhinneka.com ,dimana di situs tersebut menjual berbagai macam perlengkapan elektronik mulai dari komputer,gadget,jam tangan,perlenkapan rumah seperti tv,kulkas,mesin cuci ,perlengkapan kantor,perlengkapan photography,dll.,menurut saya situs ini merupakan sebuah situs terlengkap dan termudah dalam hal teknologi bagaimana tidak di situs ini segala macam kebutuhan dan segala macam kemudahan tersedia untuk memanjakan para customer yang mengunjungi situs ini ,namun bhineka ini bukan hanya sebuah situs jual beli online namun juga terdapat store nya yang tersebar di mana-mana ,berikut akan saya jelaskan sedikit tentang situs bhinneka ,dimulai dari sejarah,system penjualan ,kelebihan dan kekurangan dan juga analisis grafik pada situs tersebut .
Untuk dapat mengakses situs tersebut berikut saya lampirkan link nya :
           
Yang pertama saya akan menjelaskan tentang sejarah situs bhineka ini
Sejarah Bhinneka.com :
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang. Apa saja kiat-kiat Bhinneka untuk bisa sampai titik yang sekarang, DailySocial mencoba mencari jawabannya dari CEO Bhinneka sendiri, Bapak Hendrik Tio.
Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini.
Di dalam situasi yang sangat tidak menguntungkan tersebut, Bhinneka mencoba mencari terobosan baru. Kebetulan di masa itu, Internet baru mulai berkembang di Indonesia, dan Bhinneka merasa pas dengan itu. Dari saat itu dimulailah perjalanan panjang Bhinneka untuk menjadi Toko Online nomer satu di Indonesia.
Definisi lain nya Bhineka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh berbagai macam outlet dari bhineka.com yang tersebar luas di beberapa tempat di Jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tampat yang jauh dan memudahkan pengiriman, tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting di Bhineka.com adalah fasilitas yang menyadiakan harga-harga barng-barang elektronik dalam segala macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan dengan tepat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempaat untuk mendapatkan referensi dari harga-harga barang elektronik. Menurut pendapat saya omline store adalah suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan sangat dibutuhkan di Indonesia pada saat ini terutama Jakarta yang hampir setiap harinya di penuhi oleh kemacetan dan hiruk pikuk orang yang melakukan aktifitas harian mereka., online strore ini secara tidak langsung memberikan solusi dan kemudahan bagi para calon pelanggan untuk memilih cara yang lebih efisien dan nyaman untuk membeli keperluan mereka.
Pada saat ini Bhineka.com sudah jauh berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini hanya sekitar 2% total kunjungan online perharinya. Sedikitnya dangkan jumlah pembelanja online ini karena masih banyak orang Indonesia yang masih lebih percaya transaksi offline, demikian yang disampaikan Hendrik Tio, CEO Bhineka.com seperti yang dilansir oleh swa online.
Bhineka.com ini mempunyai bisiness model yang mencakup baik dari B2B maupun B2C, walaupun banyak dari transaksi yang terjadi merupakan B2C.
Core capability mereka adalah dalam menjual segala macam sofware dan hardware kepada para pembeli potensial.
Partner Network Bhineca.com meliputi:
  1. Microsoft   : Certified, Gold, Partner
  2. Microsoft   : Lisensing, solutions
  3. Microsoft   : Network, Infratukture
  4. Microsoft   : Small, Bisiness, Specialist
  5. IBM           : Business, Partner
  6. HP             : Premier, Business, and System Bilder
  7. Adobe        : Authorized Reseller.
Berikut adalah definisi dan sejarah dari situs bhinneka yang telah saya rangkum dan ambil dari berbagai sumber ,dan sekarang saya akan menjelaskan bagaimana system penjualan dalam situs bhinneka .
Di dalam situs bhinneka ini terdapat berbagai cara system penjualan yang di sediakan oleh situs ini yang dapat memudahkan calon pembeli untuk memesan barang yang di inginkan .

Berikut cara-cara belanja di dalam situs bhinneka ;
1.      Belanja via Online Shopcart
Cara belanja paling MUDAH hanya dengan klik tombol 'BELI'di halaman 'Product List' atau di 'Detail Page' produk yang Anda inginkan, maka produk tersebut akan masuk ke keranjang belanja Anda (Shop Cart). Selanjutnya ikuti langkah demi langkah PERINCIAN BELANJA ANDA : Data Pengiriman → Cara Pembayaran → Konfirmasi hingga selesai.


2.      Belanja via Telpon
Butuh bantuan pemesanan via telepon? Hubungi Call Center 021-29292828, Sales Consultant kami yang berkompeten siap membantu Anda. Jika Anda butuh penawaran untuk perusahaan, beritahukan saja kepada kami.
3.      Belanja via Sms Atau E-Mail
Punya Pertanyaan seputar produk? Konsultasi langsung hanya dengan klik tombol "Chat With Us" atau email kami dengan klik di sini. Via sms juga bisa ke nomor 0812 123 8000.
4.      Belanja Ke Store Bhinneka
Anda dapat berkunjung langsung ke toko Bhinneka.Com untuk melakukan pembelian, Temukan Lokasi Store di sini.
Bagi Anda penggemar fotografi, tersedia berbagai kamera dan aksesoris fotografi. Anda juga dapat menggunakan fasilitas studio foto indoor dan outdoor, GRATIS untuk komunitas fotografi. Silahkan berkunjung ke Bhinneka.Com Photography Store di Jalan Gunung Sahari Raya No. 73 C No.5-6 Jakarta Pusat atau hubungi 021-29292828 ext 106-108.

5.      Belanja via COD (CASH ON DELIVERY)
Layanan pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah pembayaran yang dilakukan pada saat barang diterima oleh Anda. Metode ini berlaku untuk pemesanan via telp 021-2929-2828 dan online chat. Pembayaran ini berlaku dengan syarat dan kondisi tertentu, serta hanya untuk Anda yang berada di wilayah jangkauan pelayanan pengantaran oleh armada kirim kami sendiri.

Didalam situs ini juga pasti terdapat kelebihan dan kekurangan nya di :
Kelebihan Website Bhinneka.com
Beberapa keunggulan yang dimiliki situs Bhinneka antara lain :
  • Katalog yang terstruktur dengan baik.
  • User dapat mengunduh file katalog dan harga dalam format pdf.
  • Memiliki script pengubah kurs mata uang sesuai yang diinginkan customer.
  • Tawar online
  • Photography page (all about camera)
  • Mobile version (khusus untuk diakses melalui mobile phone)
  • DropDown menu (memudahkan navigasi dalam mengakses web/blog)
  • Rancang sendiri (build your own PC)
  • JNE (jasa pengiriman)
  • e-Care (garansi produk (untuk notebook) 24 bulan)
  • Payment confirmation e-mail & SMS (notifikasi, apabila uang telah diterima pihak bhinneka.com)
  • Service tracking (ketahui sendiri kondisi barang anda yang sedang diservice teknisi bhinneka.com)
  • Help/FAQ
Kekurangan Website Bhinneka.com
Beberapa kekurangan dari fitur yang ada pada website Bhinneka.com yaitu :
  • Salah satu fitur yang kurang dari bhinneka.com dari situs toko online lainnya yaitu, fitur simulasi yang membuat calon pembeli menjadi lebih mudah mengetahui harga komputer rakitan yang ingin dibeli.
  • bila kita perhatikan deskripsi produk di bhinneka.com masih menggunakan dual bahasa, padahal akan lebih baik bila bhinneka.com tersedia dalam dua versi bahasa, dan banyak lho situs yang dual mode bahasanya tapi tidak nyampur jadi satu. Bahasa yang dicampur ini akan membuat pengunjung kurang nyaman, dan membuat beberapa dari mereka kurang mengerti (asumsi tidak semua pengunjung dapat berbahasa Inggris dengan baik) apabila spesifikasi produk hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
  • URL yang digunakan oleh bhinneka.com belum “ramah” kepada mesin pencari seperti google, yahoo, dll. karena URL yang digunakan tidak berdasarkan jenis produk atau kategori produk, sehingga bila kita mencari di google dengan menggunakan nama-nama produk praktis URL dari bhinneka.com tidak akan terindex. JAdi bila pembaca pada suatu saat nanti ingin membuat situs toko online, maka gunakanlah URL yang ‘ramah’ mesin pencari supaya calon pembeli lebih cepat menemukan situs Anda.
Dari hasil review diatas, dapat disimpulkan bahwa website Bhinneka.com telah mampu dikategorikan kedalam website yang baik jka dilakukan sedikit perbaikan pada fitur – fitur yang kurang.

Analisa grafik dari situs Bhinneka.com yang saya lakukan melalaui alexa.com :

Toko online Bhinneka memang hanya salah satu toko online yang ada di Indonesia. Masih banyak toko online yang juga menjual barang-barang seperti Bhinneka. Namun seperti kita ketahui bersama, Bhinneka telah menjadi acuan dari customer-customer yang ingin mencari peralatan komputer dari seluruh Indonesia.

Bhinneka yang telah berdiri sejak 1993, dan memiliki situs penjualan online sejak tahun 2000 memiliki kerjasama partnership dengan beberapa vendor terkemuka di bidang hardware dan software. Kehebatan Bhinneka bisa kita lihat dari deretan penghargaan yang telah mereka terima.

Berbelanja online di Bhinneka pun terasa mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kita sudah dapat melakukan order, dan hanya dalam beberapa hari barang yang telah kita pesan dan bayar telah datang.dari grafik diatas sangat terlihat jelas bahwa situs bhinneka.com mengalami peningkatan yang pesat .

FOOTNOTE :

1 komentar: