Sabtu, 03 Desember 2011

TUGAS 3 ILMU SOSIAL DASAR

Perspektif perilaku menyatakan bahwa perilaku sosial kita paling baik dijelaskan melalui perilaku yang secara langsung dapat diamati dan lingkungan yang menyebabkan perilakku kita berubah. Perbedaan utama dalam perspektif perilaku meletakkan struktur sosial (makro) sebagai perilaku sosial individu, sedangkan sebagian lebih memandang individu (mikro) merupakan agen yang aktif dalam membentuk perilakunya sendiri.
Coba Anda buatlah beberapa contoh perilaku dalam struktur makro dan mikro, baik peran anda dalam masyarakat atau berdasarkan pengamatan yang ada di sekitar lingkungan kehidupan. 
Pada dasarnya perspektif merupakan suatu kumpulan asumsi maupun keyakinan tentang sesuatu hal, dengan perspektif orang akan memandang sesuatu hal berdasarkan cara-cara tertentu, dan cara-cara tersebut berhubungan dengan asumsi dasar yang menjadi dasarinya, unsur-unsur pembentuknya dan ruang lingkup apa yang dipandangnya.
perbedaan antara perspektif makro dan mikro adalah :
perspektif makro adalah suatu asumsi yang dapat di pengaruhi oleh lingkungan sekitar nya .
contoh nya adalah apabila seseorang individu pada awal nya memiliki sifat yang baik di dalam lingkungan nya ,namun suatu ketika ia memiliki seseorang teman yang dapat mempengaruhi dirinya sehingga ia berbuat menjadi nakal dan mengikuti sifat teman nya tersebut ,sedangkan perspektif mikro adalah suatu asumsi yang hanya dapat di pengaruhi oleh diri nya sendiri .
sebagai contoh adalah seorang anak yang sering bergaul dengan teman-teman nya yang rata-rata adalah anak-anak jalanan atau nakal tapi anak tersebut tidak terhasut untuk mengikuti nya dan tetap menjadi dirinya sendiri walaupun banyak yang menghasut nya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar