Minggu, 06 Mei 2012

ilmu budaya dasar 7

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

A.    Pengertian pandangan hidup
            Pandangan hidup bersifat kodrati ,karena itu ia menentukan masa depan seseorang,pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang di jadikan pegangan,pedoman,arahan,petunjuk hidup di dunia.
            Pandangan hidup dapat di klasifikasikan berdasarkan asalnya  yaitu terdiri dari 3 macam :
1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenaran nya
2.      Pandangan hidup yang berupa ideology yang di sesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3.      Pandangan hidup yang berasal dari renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenaran nya.

B.     Cita-Cita
Cita-Cita adalah keinginan,harapan,tujuan yang selalu ada dalam fikiran yang merupakan tujuan yang mau di peroleh oleh seseorang di masa yang akan datang .
Ada 3 faktor seseorang dapat mencapai cita-cita nya yaitu :
1.      Factor manusia
2.      Factor kondisi
3.      Factor tinggi nya cia-cita

C.     Kebajikan
Kebajikan ataukebaikan atau perbuatan yangmendatangkan kebaikan pada hakekatnya samadengan perbuatan moral ,perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika .
·         Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri dari atas jiwa dan raga. Kedua unsur itu terpisah apabila manusia itu meninggal.
·         Manusia merupakan  makhluk social yaitu manusia hidup bermasyarakat,manusia saling membutuhkan,saling menolong,saling menghargai sesama anggota masyarakat.
·         Manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan yaitu di ciptakan tuhan dan dapat berkembang karena tuhan.

D.    Usaha / perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita  setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan hidupnya,sebagian hidup manusia adalah usaha atau perjuangan,,perjuangan untuk hidup sudah menjadi kodrat  manusia ,tanpa usaha/perjuangan manusia tidak dapat hidup sempurna .

E.     Keyakinan atau kepercayaan

Keyakinan atau kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan tuhan,menurut Prof.DrHarun Nasution ada tiga aliran filsafat yaitu :
A.    Aliran  Naturalisme
Hidup manusia            itu di hubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur,dan itu dari tuhan ,tetapi bagi yang tidak percaya pada tuhan natur itulah yang tertinggi .
B.     Aliran Intelektual
Dasar aliran ini adalah logika atau akal .,Manusia mengutamakan akal,dengan akal manusia berfikir ,mana yang benar menurut akal itulah yang terbaik walaupun bertentangan dengan hati nurani
C.     Aliran Gabungan
Dasar kepercayaan ini adalah kekuatan gaib dan juga akal . Kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari tuhan,percaya pada tuhan adalah sebagai dasar dari keyakinan,sedangkan akal adalah dasar kebudayaan yang menentukan benar atau tidak nya sesuatu

F.      Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik
1.      Mengenal
Mengenal merupakan suatu kodrat bagi manusia yaitu merupakan tahp pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenal apa itu pandanagan hidup ,setiap manusia itu pasti punya pandangan hidup maka kita dapat memastikan bahwa pandangan hidup itu ada sejak manusia ada .
2.      Mengerti
Tahap kedua untuk berpandangan hidup itu adalah mengerti,mengerti di sini di maksudkan mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri . bila dalam kehidupan bernegara kita berpandang pada pancasila begitu juga bagai yang berpandangan hidup agama islam,hendaknya kita mengerti apa itu al-qur’an,hadist,ijmak dan bagaimana ketiga nyaitu mengatur kehidupan baik di dunia maupun di akhirat .
3.      Menghayati
Langkah selanjutnya adalah menghayati pandanagan hidup ,menghayati pandangan hidup di sini dapat di ibaratkan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dlalam nya,
4.      Menyakini
Setelah mengetahui  kebenaran dan validitas ,baik secara kemanusiaan,maupun di tinjau dari segi kemasyarakatan maupun Negara dan dari kehidupan kehidupan akhirat .

5.      Mengabdi
Pengabdian merupakan sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah di benarkan dan di terima baik oleh dirinya  lebih-lebih oleh orabg lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar