Kamis, 10 Mei 2012

tugas 8 ilmu budaya dasar



MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

TANGGUNG JAWAB

            Tanggung Jawab menurut kamus besar bahasa Indonesia mengandung arti keadaan wajib menanggung segala sesuatu nya,Secara umum Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan nya yang di sengaja atau tidak di sengaja.
            Sebagai contoh nya seseorang mahasiswa kewajiban belajar,bila belajar maka itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya ,berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajiban nya.
MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB :
Manusia berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam .dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu kekuasaan tuhan , Dengan demikian tanggung jawab itu jawab itu dapat di bedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang di buatnya ,atas dasar ini ,lalu di kenal beberapa jenis tanggung jawab yaitu :
A.    Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung Jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi . dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai diri sendiri menurut sifat dasarnya adalah makhluk bermoral tetapi manusia juga seorang pribadi..  karena merupakan  seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri ,perasaan sendiri,angan-angan sendiri ,sebagai perwujudan dari pendapat,perasaan dan angan-anagan itu manusia berbuat dan bertindak dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan , kekeliruan baik yang di sengaja ataupun tidak .
B.     Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil ,keluarga terdiri dari suami – istri, ayah – ibu , dan anak – anak , dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga ,tiap anggota keluarga wajib terhadap keluarga nya , tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga nya ,tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan  ,keseslamatan , pendidikan dan kehidupan .
C.     Tanggungb Jawab Terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain ,sesuai dengan kedudukan nya sebagai makhluk social ,karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia yang lain,sehingga demikian manusia disini meupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.wajar apabila segala tingkah laku dan perbuatan nya harus di pertanggung jawab kan kepada masyarakat .
D.    Tanggung Jawab Kepada Bangsa dan Negara
Setiap manusia ,setiap individu adalah adalah warga neagra suatu Negara dalam berpikir,berbuat,bertindak ,bertingkah laku  manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran – ukuran yang di buat oleh Negara ,manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri ,bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab terhadap Negara  ,
E.     Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan mencipatakan manusia di bumi ini bukan lah tanpa tanggung jawab , melainkan mengisi kehidupan nya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap tuhan ,sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman – hukuman tuhan yang di tuangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama ,pelanggaran dari hukuman- hukuman tersebut akan segera di peringatkan oleh tuhan dan jika dengan peringatan keras pun manusia masih juga tidak menghiraukan maka tuhan akan melakukan kutukan ,sebab dengan mengabikan perintah-perintah tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharus nya di lakukan manusia terhadap tuhan sebagai pencipta nya ,bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya ,manusia perlu pengorbanan .

PENGABDIAAN DAN PENGORBANAN

            Pengabdian dan Pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri .
            Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran ,pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta ,kasih saying,hormat,atau ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas . Pengabdian itu pada hakikat nya adalah rasa tanggung jawab ,apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan ,hal itu berarti mengabdi kepada keluarga . Lain halnya jika kita membantu teman pada masa dalam kesulitan, mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian ,tetapi hanya bantuan saja .
            Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan ,sehingga pengorbanan  berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian, dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsure keikhlasany yang tidak mengandung pamrih,suatu pemberian yang di dasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata .
            Pengorbanan dalam arti pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat di rasakan bila kita membaca atau mendengarkan khotbah agama. Dari kisah para tokoh agama atau nabi ,manusia memperoleh  tauladan ,bagaimana semestinyawajib berkorban .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar