Kamis, 17 Mei 2012

tugas 9 ilmu budaya dasar

MANUSIA DAN HARAPAN
A.    PENGERTIAN HARAPAN
            Harapan berasal dari kata harap ,yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi . sehingga harapan berarti sesutau yang di inginkan dapat terjadi dengan demikian harapan menyangkut masa depan .
Setiap manusia pasti mempunyai harapan ,manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup ,Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan ,pengalaman, lingkungan hidup,dan kemampuan masing-masing .
B.     APA SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN
Sesuai kodrat nya manusia adalah makhluk social ,tidak satu manusia punyang luput dari
Pergaulan hidup. Ada dua hal yang mendorong manusia bergaul dengan manusia lain :
1.      Dorongan Kodrat
Pada Dasar nya kodrat adalah sifat,keadaan ,atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu di ciptakan oleh tuhan , misalnya menangis ,bergembira ,berpikir, berjalan,berkata, mempunyai keturunan dan sebagainya yang termasuk juga dalam dorongan kodrat .

2.      Dorongan Kebutuhan Hidup
Sudah menjadi kodrat nya bahwa manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan hidup yang dapat di bedakan menjadi 2 jenis yaitu kebutuhan jasmani dan rohani .

Menurut Abraham Maslow kebutuhan manusia adaalah :
A.    Kelangsungan hidup ( Survival )
Untuk kelangsungan hidup nya manusia pasti membutuhkan sandang , papan dan pangan ,untuk mencukupi kebutuhan sandang ,pangan ,dan papan maka manusia sejak kecil telah belajar . Dengan Pengetahuan yang tinggi harapan memperoleh pangan ,sandang dan papan yang layak akan terpenuhi atau tiap manusia perlu kerja kerass dengan harapan apa yang di inginkan yang layak terpenuhi .
B.     Keamanan
Setiap manusia pasti membutuhkan keamanan ,sejak seorang anak lahir ia telah membutuhkan keamnan begitu lahir dengan suara tangis ,itu pertanda meminta sebuah perlindungan sampai dia bertambah maka ia ingin terus di lindungi . Dalam hal ini agama sangat berperan penting untuk memperoleh keamanan moril bagi pemiliknya ,keyakinan bahwa tuhan memberikan perlindungan berarti sudah memberikan keamanan yang di harapkan .
C.     Hak dan kewajiban mencintai dan di cintai
Setiap manusia pasti mempunyai hak dan kewajiban ,dengan pertumbuhan manusia maka tumbuh pula kesadaran akan hak dan kewajiban ,bila seorang anak telah menginjak usia dewasa maka ia merasa sudah dewasa sehingga sudah saat nya mempunyai harapan untuk di cintai dan mencintai
D.    Status
Setiap manusia membutuhkan status “siapa ,untuk apa dan mengapa ia hidup “ , setiap manusia yang lahir di dunia  ini tentu akan bertanya tentang status nya ,status keberadaan nya ,status dalam keluarga nya ,status dalam masyrakat dan status di dalam sebuah Negara . pada dasarnya status itu penting karena dengan status orang lain bisa tahu siapa dia yang sebenarnya
E.     Perwujudan Cita-Cita
Pada dasarnya manusia pasti mengembangkan bakat atau kepandaian nya agar ia diterima atau di akui kehebatan nya

C.    Kepercayaan
Kepercayaan berasal dari kata percaya yang artinya mengakui atau menyakini akan kebenaran ,Kepercayaan adalah hal-hal yang yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran
Kebenaran
Kebanaran  amat penting bagi manusia ,setiap manusia mendambakan nya ,karena ia mempunyai arti khusus bagi hidupnya ,ia merupakn focus dari segala pikiran ,sikap dan perasaan .Dalam tingkah laku ,ucapan ,perbuatan manusia selalu berhati-hati agar mereka tidak menyimpang dari kebenaran . manusia sadar bahwa ketidak benaran dalam bertindak ,berucap maupun bertindak dapat mencemarkan nama baiknya .

Dr.Yuyun Suriasumantri dalam bukunya “filsafat ilmu” ada tiga teori kebenaran :
1.      Teori koherensi atau konsistensi
Suatu pernyatan di anggap benar bila pernyataan itu bersifat koherensi atau konsistensi dengan pernyataan – pernyataan  sebelumnya yang di anggap benar.
2.      Teori korespondensi
 Suatu teori yang menjalankan bahwa suatu pernyataan benar bial materi pengetahuan yang di kandung pernyataan itu berkorenponden atau berhubungan dengan obyek tertentu yang di tuju oleh pernyataan tersebut .
3.      Teori Pragmatis
Kebenaran suatu pernyataan di ukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis

D.    Berbagai Kepercayaan Dan Usaha Meningkatnya
Dasar kepercayaan adalah kebenaran , kepercyaan dapat di bedakan menjadi 3 :
1.      Kepercayaan pada diri sendiri
2.      Kepercayaan kepada orang lain
3.      Kepercayaan kepada pemerintah
4.      Kepercayaan kepada tuhan k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar